MENGENAL JAJANAN TRADISIONAL GETUK

15 Makanan tradisional Jawa, terkenal dan wajib dicoba Instagram/@kummelissa @tanggalmuda.id

Sumber : @nana_jajan


Getuk, makanan dari olahan singkong ini begitu lembut di mulut serta penyajian warnanya menarik dan mengguggah selera. Selain itu getuk yang banyak dijumpai di Jawa Tengah dan Yogyakarta ini juga mengenyangkan. Getuk terbuat dari singkong atau ketela rebus yang dihaluskan dan diberi varian warna, penyajiannya pun dilengkapi dengan urap atau kelapa parut yang telah dikukus.

kenanganmasa kecil dan membuat kita bernostalgia. Ada banyak jenis dari jajanan tradisional ini, salah satunya adalah gethuk, jajanan yang terbuat dari bahan dasar singkong atau ubi. Jajanan atau makanan tradisional ini biasanya dapat Kawan GNFI temukan di tempat seperti pasar-pasar tradisional.Makanan gethuk sendiri memiliki beberapa jenis pertama adalah gethuk lindri, jenis gethuk ini mudah ditemui ketika Kawan GNFI berkunjung atau berlibur ke Solo, Semarang, Magelang, atau Yogyakarta. Bentuk gethuk lindri mirip seperti mie tapi berukuran besar.

Ilustrasi jenis-jenis gethuk | Foto: carimasakankhas.blogspot.com
info gambar

Ketiga adalah gethuk trio, jenis gethuk ini berbeda dengan kedua gethuk sebelumnya karena dalam penyajianya sudah menggunakan kemasan. Terbuat dari singkong yang telah direbus kemudian ditumbuk dengan campuran gula. Dipadukan dengan santan membuat gethuk ini memiliki perpaduan dari rasa gurih dan manis, yang membuatnya unik.

Keempat adalah gethuk sukun, jenis gethuk ini berbeda dengan tiga gethuk sebelumnya karena bahan dasar pembuatanya yaitu sukun. Untuk cara pembuatanya sendiri hampir mirip seperti gethuk pada umumnya perbedaanya hanya pada campuran yang digunakan. Dalam membuat gethuk sukun ini selain bahan utama yaitu sukun, bahan lainya adalah gula dan garam.

Sumber :


1. sejarahunik.net
2. www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3888356/filosofi-gethuk-khas-jawa-yang-enak-menggugah-selera
3. sajiansedap.grid.id
4. lifestyle.okezone.com
5. www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-getuk-singkong-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html#.XR6lMegzbIU
6. www.khasiat.co.id/makanan/getuk.html

Komentar